Monday, February 11, 2019

Tugas I APSI - Sistem Informasi Bank Mandiri

Sekilas Tentang Mandiri

Bank Mandiri adalah bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri. (wikipedia.id)

Diagram Sistem Informasi

Sistem informasi umumnya memiliki diagram sederhana berupa piramida empat tingkat, yaitu:
  1. Transaction Processing Systems (TPS)
    Sistem Pemrosesan Transaksi adalah bagian dari sistem informasi yang merupakan sebuah sistem yang menjalankan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Contohnya adalah seperti memasukkan pesanan penjualan, pemesanan hotel,penggajian , pencatatan karyawan dan pengiriman.
  2. Management Information Systems (MIS)
    Sistem informasi manajemen adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.
  3. Decision Support Systems (DSS)
    Sistem pendukung keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
  4. Executive Information Systems (EIS)
    Sistem Informasi Eksekutif adalah salah satu jenis manajemen sistem informasi untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan yang dibutuhkan eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap informasi baik dari dalam maupun dari luar yang relevan dengan tujuan organisasi.

Sistem Informasi pada Bank Mandiri

  1. Transaction Processing Systems
    Salah satu bentuk penerapan Transaction Processing System (TPS) yang dilakukan Bank Mandiri adalah Mandiri Eletronic Foreign Exchange (Mandiri E-FX). Mandiri E-FX ini adalah fasilitas bagi para pengguna (user) dan juga cabang Bank Mandiri yang memiliki manfaat, yaitu : 
    1. Untuk memenuhi kebutuhan valuta asing serta hedging (lindung nilai).
    2. Nilai tukar valuta asing yang kompetitif dan special rate untuk volume tertentu.
    3. Minimum volume transaksi yang fleksibel. 
  2. Management Information System
    Peran Sistem Informasi Manajemen dalam menunjang pengambilan keputusan di Bank Mandiri yaitu dengan menyediakan informasi atau data-data perusahaan yang diperlukan. Informasi tersebut antara lain  informasi tentang keragaan usaha bank  dari mulai tingkat usaha terkecil yaitu Kantor Unit, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Cabang  sampai Kantor Pusat.
  3. Decision Support System
    Dengan adanya sistem ini, diharapkan mampu membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Sistem pengambil keputusan difungsikan bukan untuk menggantikan tugas-tugas manajer, melainkan untuk menjadi sarana penunjang / pendukung (tools) bagi manajer.
  4. Executive Information System
    Sistem Informasi ekesekutif dirancang untuk menyediakan akses yang mudah dan cepat untuk informasi selektif tentang faktor eksklusif dalam menjalankan tujuan strategis bagi manajemen.

No comments:

Post a Comment